Cileunyikidul's Blog

kami hadir untuk tumbuh

Pemekaran Solokanjeruk


WARGA SOLOKAN JERUK MINTA PEMEKARAN DESA

Ratusan warga Desa/ Kecamatan Solokanjeruk mendatangi gedung DPRD Kab. Bandung, senin(1/3), menuntut pemekaran desanya. Sudah dua tahun tuntutan itu terkatung-katung, karena tidak ada respons dari aparat desa.

Menurut Ketua Forum Peduli Pemekaran Desa (FPPD) Solokanjeruk, Imam Sudirman, pemekaran desa sudah mendesak karena jangkauan pelayanan aparat desa terlampau luas. “Kalau diibaratkan, saat ini warga sudah lapar, tetapi masakan belum matang juga,” katanya saat diterima Ketua Komisi A DPRD Kab. Bandung H. Daud Burhanuddin.

Aparat desa, menurut Imam, malah menyebutkan aspirasi warga desa tidak valid karena diduga terjadi manipulasi dukungan. “Padahal aspirasi pemekaran murni dari masyarakat untuk peningkatan pelayanan. Jumlah RW sudah lima belas dengan jumlah penduduk sampai 14.00 jiwa, sehingga layak dimekarkan,” ucapnya didampingi para ketua RW.

Desa Citaman

Selain tuntutan dari Desa Solokanjeruk, Pemkab Bandung juga menerima aspirasi pemekaran dari Desa Citaman, Kec. Nagreg, dan Desa Sukamaju, Kec. Majalaya. Akan tetapi dalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) 2010, baru desa Citaman yang dialokasikan anggarannya untuk kajian kelayakan pemekaran.

“Dana kajian kelayakan pemekaran untuk Desa Sukamaju dan Desa Solokanjeruk, belum dianggarkan pada tahun 2010. kalau bisa, pada APBD perubahan September nanti bisa dialokasikan anggarannya,” kata ketua Komisi A DPRD Kab. Bandung H. Daud Burhanuddin.

Sedangkan Kasubbag Penataan Daerah Pemkab Bandung Muhammad Solihat mengatakan, pemekaran Desa Solokanjeruk terhambat tidak adanya respons dari kepala desa dan Badan Perwakilan Desa/ BPD. “Belum ada surat pengajuan pemekaran dari desa. Padahal surat pengajuan itu yang akan ditindaklanjuti Bupati untuk membentuk tim kajian kelayakan pemekaran Desa.” Ucapnya.

2010/03/02 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: