Cileunyikidul's Blog

kami hadir untuk tumbuh

madu di pupuk organik


sekarang sedang menjamur perusahaan-perusahaan pupuk organik. mereka umumnya bekerja sama dengan BUMN. BUMN menyediakan formulasinya sedangkan mitra lokal bertindak sebagai operator. pupuk organik sekarang mendapat subsidi dari pemerintah sebesar 1.500 per kilo. 500 untuk petani yang se 1000 untuk produsen. jadi BUMN itu tertarik bermitra dengan perusahaan-perusahaan lokal hanya untuk mendapatkan subsidi dari pemerintah yang 1.000 perak.
untuk diketahui juga bahwa mayoritas pupuk organik yang ada saat ini dikembangkan dari bahan baku berbasis kotoran ternak, kotoran ternak tanpa melalui porses pengomposan di mixing dengan nutrisi tertentu tertentu dan diberi microorganisme untuk kemudian di granulisasi dan dikemas. lalu dijual kepasaran.
tapi yang perlu dipikirkan adalah sikap mental petani kita yang umumnya menghendaki sesuatu yang instan. tebar pupuk lalu menunggu hasil. tetapi dengan memakai pupuk organik butuh perawatan yang ekstra keras. tanaman yang memakai pupuk organik sangat disukai oleh hama. hal ini tentunya akan menyulitkan petani. dengan demikian petani akan kembali lagi memakai pupuk kimia. jadi pada intinya petani kita masih harus berperoses untuk beralih dari pupuk kimia ke pupuk organik.
dan apabila pemerintah menarik subsidi yang 1.500, tentunya BUMN-BUMN akan menghentikan kerjasamanya dengan perusahaan-perusahaan lokal dan perusahaan-perusahaan tersebut akan sulit menjual dengan brand sendiri.

2010/05/27 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: