Cileunyikidul's Blog

kami hadir untuk tumbuh

Nagreg Siap Mekarkan Dua Desa


diambil dari galamedia

sabtu, 03 november 2012 00:33 WIB

NAGREG (GM) – Dua desa di Kec. Nagreg, Kab. Bandung, yakni Desa Nagreg dan Desa Citamana siap dimekarkan. Desa Nagreg akan dimekarkan dengan desa baru, yakni Desa Kendan. Sedangkan Desa Citaman akan dimekarkan dengan desa baru Desa Ganjar Sabar.

Untuk pemekaran kedua desa itu, Pemkab Bandung sudah mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) No. 27 Tahun 2012 tentang Pemekaran Wilayah Desa Nagreg dan Perda No. 28 Tahun 2012 tentang Pemekaran Desa Citaman.

Jelang pemekaran kedua desa tersebut, Kamis (1/11) sempat dibahas di kantor Camat Nagreg Jalan Raya Nagreg. Pembahasan itu dihadiri aparat desa dari kedua desa tersebut. Selain itu dihadiri jajara aparat kecamatan dan Kabag Otonomi Daerah Kab. Bandung, Popi Hopipah dan pihak terkait lainnya.

“Rencana pemekaran kedua desa tersebut sudah bisa dipastikan akan dilaksanakan. Sebab, Perdanya sudah dikeluarkan oleh Pemkab. Bandung dan tinggal dilaksanakan peresmian,” kata Sekretaris Desa Nagreg, Momo Sudarmono kepada “GM” di Nagreg, Kamis kemarin.

Ketika disinggung kapan dilaksanakannya pemekaran kedua desa tersebut, Momo mengatakan, belum bisa dipastikan. Pasalnya, kata Momo, kewenangannya ada di pihak Pemkab Bandung. “Yang pasti, rencana pemekaran kedua desa tersebut sudah melewati proses uji kelayakan yang dilakukan pihak terkait,”,katanya.

Momo mengatakan, rencana pemekaran Desa Nagreg tersebut mulai disuarakan sejak 2006 lalu melalui aspirasi masyarakat. “Pemekaran desa itu atas dasar keinginan masyarakat di Desa Nagreg,” katanya.

Dijelaskannya, Desa Nagreg memang sudah layak dan sangat menunjang untuk dimekarkan menjadi dua wilayah karena cukup luas, yaitu 523 hektare. Sementara jumlah penduduknya 10.121 jiwa yang tersebar di 24 RW yang ada di Desa Nagreg. “Pembagian wilayahnya pun masing-masing 12 RW, dari 24 RW. Namun untuk luas wilayah, lebih luas Desa Kendan,” katanya.

Ia mengatakan, pembagian wilayahnya dibatasi oleh jalur kereta api dari mulai ujung barat hingga timur. “Untuk pembagian asetnya, khususnya untuk di Desa Nagreg sudah tidak ada masalah,” katanya.

2012/11/03 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: